Kemenkes Perkuat Tim NS Guna Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

By Admin


nusakini.com - Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek membuka acara pembekalan Tim Nusantara Sehat (NS) Gelombang I Tahun 2016, Senin (18/4/2016). Pembekalan dilakukan untuk memperkuat Tim NS dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Pembekalan yang diberikan terdiri dari bela negara, penguatan program, pengembangan diri serta pelayanan medis dan komunitas.

Pada tahun ini akan ditempatkan 130 Tim NS yang dibagi dalam beberapa tahap. Pada gelombang pertama, akan ditempatkan 225 orang (45 tim) yang akan bertugas di 45 Puskesmas di 29 Kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) pada 15 Provinsi.

Program NS merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk mewujudkan cita-cita perbaikan kesehatan yang tertuang di dalam Nawacita sebagai salah satu penjabaran dari visi-misi Presiden.

Dalam rencana jangka menengah Kementerian Kesehatan, salah satu satu kebijakan pada periode 2015-2019 adalah Penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) primer. Kebijakan ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan Yankes Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit secara luas.

Menkes berharap, Tim Nusantara Sehat mampu menjadi ujung tombak layanan kesehatan di perbatasan NKRI dengan berbekal disiplin, loyalitas, dedikasi, jiwa korsa, dan semangat pantang menyerah ditempat tugasnya dalam rangka memberikan layanan kesehatan paripurna.(if/mk)