Kemendikbud dan Pemprov Sulawesi Utara Siap Gelar Apresiasi Film Indonesia 2016

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara siap menggelar Apresiasi Film Indonesia (AFI) tahun 2016. AFI 2016 didukung juga oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI).

Kegiatan ini akan digelar di Manado Sulawesi Utara tanggal 8 Oktober 2016. Nota kesepahaman antara Kemendikbud dan Pemerintah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ditandatangani Jumat (10/6/2016) di kantor Kemendikbud Jakarta. 

Nota kesepahaman tentang penyelenggaraan AFI 2016 ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat dari kedua instansi, para sineas,serta aktor Donny Damara selaku ketua panitia AFI 2016. 

  Mendikbud dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk bekerjasama menggelar AFI 2016. "Kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Sulawesi Utara yang sudah menunjukkan komitmen yang amat tinggi untuk pelaksanaan Apresiasi Film Indonesia 2016. Kami pernah merasakan harus pindah tempat, karena ekspresi komitmen tak muncul. Kalau sekarang ini, baru mulai saja, Pemerintah Sulawesi Utara sudah hadir lengkap," ujar Anies Baswedan. 

  Terkait dengan peranan film bagi bangsa Indonesia, Anies menilai film dapat menjadi salah satu instrumen penting untuk mengembalikan percaya diri bangsa. Film, menurut Anies, punya daya pengaruh yang besar bagi penontonnya. Mendikbud berharap dalam penyelenggaraan AFI tahun ini akan muncul film-film yang mampu mengembalikan dan meningkatkan rasa percaya diri bangsa Indonesia. "Kita lihat makin hari makin banyak sineas kita yang karyanya diakui dunia. Kemarin film Prenjak mendapat penghargaan di Festival Film Cannes," kata Mendikbud menambahkan. 

  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyatakan kesiapannya menggelar ajang yang bergengsi bagi para insan film ini. Menurut Olly, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari penyelenggaraan AFI bagi masyarakat Sulawesi Utara. "Kegiatan ini juga menunjang sektor pariwisata, meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap hasil karya anak bangsa, dan meningkatkan karakter masyarakat untuk menghargai nilai-nilai budaya dan seni Indonesia," kata Gubernur. 

  Dalam penyelenggaraan AFI tahun 2016 ini akan diberikan tiga kategori penghargaan yaitu penghargaan utama, penghargaan khusus, dan penghargaan inspiratif. Pengumuman nominasi dijadwalkan tanggal 23 September 2016 di Manado, sedangkan puncak malam penganugerahan AFI dijadwalkan tanggal 8 Oktober 2016. Sejumlah acara juga disiapkan untuk memeriahkan penyelenggaraan AFI tahun ini, yaitu lokakarya (workshop) film, pameran, dan pawai artis. (p/ab)