Kemenag Buka Kelas Virtual Literasi Zakat & Wakaf

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Kementerian Agama melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam akan membuka Kelas Literasi Zakat dan Wakaf secara virtual. 

"Ini sebagai ikhtiar kami untuk meningkatkan literasi zakat dan wakaf di Indonesia," ujar Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Fuad Nasar, di Jakarta, Jumat (29/05). 

Fuad menuturkan, program ini adalah edisi yang pertama. Sebelumnya, pada tahun lalu, Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf telah melakukan roadshow seminar zakat wakaf ke beberapa kampus seperti UIN dan UI. "Tahun 2020 ini, kami membuat program kelas literasi secara virtual," ungkap Fuad. 

"Hasil dan out come yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan literasi dan perluasan partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam gerakan zakat dan wakaf sebagai solusi kemiskinan dan kesejahteraan umat dan bangsa," tuturnya.  

Ia menyampaikan dalam kelas online ini, peserta akan mendapatkan spektrum informasi yang lebih luas mengenai perkembangan zakat dan wakaf di tanah air. "Mulai dari pembahasan secara fiqih, kontemporer, hingga praktik pemberdayaan zakat dan wakaf secara kelembagaan," ungkapnya.  

Kelas Literasi Zakat dan Wakaf ini terdiri dari 10 sesi dengan menghadirkan tema dan narasumber yang berbeda setiap sesinya. Bagi Masyarakat yang berminat, dapat langsung mendaftar melalui tautan : https://bit.ly/KelasLiterasiZakatWakaf2020 

"100 Peserta terpilih akan dihubungi kembali lewat email oleh panitia untuk dapat mengikuti kelas melalui aplikasi zoom," kata Fuad.  

Fuad menambahkan, masyarakat dapat Kelas Literasi Zakat dan Wakaf ini secara gratis. Setiap peserta akan menerima e - certificate dan tersedia merchandise bagi 10 peserta terbaik di setiap sesinya.  

Berikut tema-tema yang akan diangkat:  

Sesi 1 : Selasa, 2 Juni 2020  

Tema : Kontribusi dan Solusi Zakat Wakaf di masa Pandemi

Sesi 2: Kamis, 4 Juni 2020 

Tema : Zakat dan Wakaf Kontemporer

Sesi 3: Senin, 8 Juni 2020 

Tema : Zakat Core Principles

Sesi 4: Kamis, 11 Juni 2020 

Tema : Wakaf Core Principles

Sesi 5: Senin, 25 Juni 2020 

Tema : Zakat dan Wakaf Untuk Pendidikan

Sesi 6: Kamis, 18 Juni 2020 

Tema : Zakat dan Wakaf Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat

Sesi 7: Senin, 22 Juni 2020 

Tema : Zakat dan Wakaf di Era Sosial Media

Sesi 8: Kamis, 25 Juni 2020 

Tema : Wakaf Tunai : Peluang dan Tantangan

Sesi 9: Senin, 29 Juni 2020 

Tema : Audit Syariah Lembaga Zakat

Sesi 10: Kamis, 2 Juli 2020 

Tema : Sertifikasi Amil dan Nazhir Profesional