Kelola Statistik Kelautan dan Perikanan, KKP Jalin Kemitraan dengan FAO

By Admin


Nusakini.comJAKARTA- Momentum penting dilakukan Pemerintah dalam mengelola data statistik sektor kelautan dan perikanan mulai dari bidang perikanan tangkap hingga budidaya. Pasalnya, saat ini telah terjalin kemitraan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

"FAO menilai Indonesia telah menerapkan prinsip-prinsip strategi global pengelolaan data dengan memanfaatkan secara optimal hasil dari Sensus Pertanian yang dilakukan oleh BPS," kata Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi KKP Budi Sulistiyo dalam pernyataan tertulis, Rabu (9/3/216).

Menurut Budi, sensus Pertanian tersebut dikembangkan KKP dalam kerangka survei dengan menggunakan metodologi yang disesuaikan dengan karakteristik pengelolaan data sektor kelautan dan perikanan. Selain itu, lokakarya juga telah digelar oleh KKP-FAO untuk untuk memperkenalkan konsep pedoman penguatan statistik perikanan tangkap dan perikanan budidaya melalui kerangka sensus.

"Setelah itu, menyosialisasikan penggunaan pedoman ini untuk memperbaiki sistem pendataan dan statistik perikanan tangkap dan perikanan budidaya berbagai negara, khususnya kegiatan skala kecil," tandasnya.(mk)