nusakini.com - Ketua HMI Cabang Makassar Hasan Basri Baso, Sabtu (7/5/2016) mengatakan, pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, dalam talkshow di salah satu televisi nasional yang menyatakan ' bahwa mahasiswa adalah orang orang cerdas ketika menjadi mahasiswa, seperti anak HMI. Namun ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat, secara tidak langsung telah mendeskritkan lembaga eksternal kemahasiswaan HMI.

Oleh karena itu, Hasan Basri menegaskan, Saut Situmorang untuk mundur dari jabatannya. 

"HMI Cabang Makassar, Sulawesi Selatan menilai pernyataan Komisioner KPK Saut Situmorang secara tidak langsung telah mendeskritkan lembaga eksternal kemahasiswaan HMI", tegas Hasan Basri. 

Lanjut Hasan Basri, sebagai langkah untuk menyikapi persoalan itu, HMI telah melakukan konsolidasi dengan tiga cabang yakni HMI Makassar, HMI Gowa Raya dan HMI Cabang Bima di Makassar. Kemudian berencana melakukan konsolidasi nasional untuk mendesak Sitomorang meminta maaf. 

Sedangkan Menurut salah satu warga masyarakat Kota Makassar, Andi Gunawan, Sabtu (7/5/2016) mengatakan, Saut Situmorang seharusnya, secepatnya menyikapi masalah ini. Hal tersebut disebabkan karena mengacuh pada pengalaman demo demo sebelumnya di Makassar yang terjadi, selalu berkembang menjadi aksi demo yang besar. 

Sebagai informasi, hingga siang tadi berdasarkan pantauan, sejumlah massa HMI melakukan unjukrasa di depan kampus UIN Alauddin dan di bawah jembatan layang perempatan jalan Urip Sumoharjo-Andi Pengeran Pettarani. Selain itu lainnya juga melakukan aksi di depan sekertariat HMI di jalan Botolempangan, Kecamatan Ujungpandang sambil membakar ban bekas ditengah jalan. 

Menurut salah satu warga masyarakat Kota Makassar, Andi Gunawan, Sabtu (7/5/2016) mengatakan, Saut Situmorang seharusnya, secepatnya menyikapi masalah ini. Hal tersebut disebabkan karena mengacuh pada pengalaman demo demo sebelumnya di Makassar yang terjadi, selalu berkembang menjadi aksi demo yang besar.(if/mk)