Kejar-Kejaran Gol Dengan Spezia, Juventus Tinggalkan Zona Degradasi

By ommed


nusakini.com - Juventus akhirnya keluar dari zona degradasi setelah menorehkan kemenangan pertama di Serie A dengan mengentaskan Spezia 3-2, Rabu (22/9) malam.

Bianconeri baru bisa menjebol gawang pasukan Thiago Motta pada menit ke-28 lewat Moise Kean. Leonardo Bonucci melepaskan umpan lambung yang khas ke lini depan, dan Adrien Rabiot menyundulnya ke arah Kean di sudut kotak penalti. Striker Italia itu memindahkan bola ke kaki kanan sebelum melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dihalau Jeroen Zoet.


Seolah menjadi tema musim ini, keunggulan Si Nyonya Tua tak bertahan lama setelah lima menit kemudian Spezia menyamakan kedudukan. Wojciech Szczesny tak bisa mencegah sepakan keras Emmanuel Gyasi dan membuat publik Alberto Picco bersorak kegirangan.

Kedudukan malah berbalik pada menit keempat paruh kedua lewat Janis Antiste. Giulio Maggiore melihat pemain 19 tahun itu hendak berlari ke belakang lini pertahanan Juve dan memberikan bola di atas kepala. Antiste memotong ke dalam dan sepakannya yang sedikit berbelok karena terkena kaki Bonucci memberi keunggulan bagi Spezia.

Paulo Dybala akhirnya memberi ancaman lewat tendangan pisang ke arah kiri atas gawang, tetapi Zoet mampu menghalaunya dengna brilian di menit ke-61. Semenit kemudian Bonucci nyaris mencetak gol jika saja tandukannya dapat lebih terarah.


Gedoran Juve akhirnya membuka palang pintu Spezia lagi pada menit ke-66. Federico Chiesa melewati kawalan sejumlah pemain dengan satu sentuhan di muka gawang, dan menyelesaikan bola dengan baik untuk menyamakan kedudukan.

Giliran Bianconeri yang melakukan come back lewat gol Matthijs de Ligt pada menit ke-72. Memanfaatkan kemelut hasil sapuan sepak pojok yang kurang bersih, bek Belanda itu menyambar bola liar yang tak bisa dihalau Zoet.

Meski hasil ini menandai torehan kemasukan terburuk (8) dalam lima laga pertama sejak 2010/2011 (9) bagi Juve, Allegri tak akan menolak tiga poin pertama yang diharapkan bisa menjadi pemicu kebangkitan tim besutannya.


Juve akan menghadapi Sampdoria, Minggu (26/9), sebelum menjamu juara bertahan Chelsea di Liga Champions, Kamis (30/9) dini hari WIB. (gi/om)