Keisuke Honda & Makoto Hasebe Pensiun Dari Timnas Jepang

By ommed


nusakini.com - eisuke Honda memutuskan untuk mundur dari pentas internasional setelah Jepang tersisih di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Keputusan gelandang berusia 32 tahun tersebut diikuti oleh rekan sekaligus kapten Samurai Biru, Makoto Hasebe yang juga sama-sama merasakan kekalahanan 3-2 dari Belgia, Selasa (3/7) kemarin.

Honda, yang pernah berkostum AC Milan, menyatakan mengambil langkah ini demi membuka jalan bagi generasi baru Jepang untuk berkembang.

"Mereka [generasi baru] akan membuat sejarah baru bagi sepakbola Jepang," ujar Honda.

Memiliki total 37 gol dari 98 penampilan di level internasional, peran Honda di Piala Dunia tahun ini mulai tergantikan dengan sekadar tiga kali tampil sebagai pemain cadangan.

Sementara itu, Hasebe, 34, mengumumkan keputusannya untuk mundur melalui laman Instagram selepas mencatatkan 114 penampilan bagi Jepang.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kolega saya yang sudah berjuang bersama selama 12 setengah tahun sejak 2006, dan kepada seluruh masyarakat Jepang yang sudah mendukung saya," tulis penggawa Eintracht Frankfurt tersebut.

Skuat Jepang merupakan salah satu yang tertua di Piala Dunia kali ini, memiliki rata-rata usia di atas 28 tahun. (fft/om)