Kedai Menjamur Dongkrak Pertumbuhan Konsumsi Kopi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pertumbuhan konsumsi kopi nasional meningkat dari 0,8 menjadi 1,3 kilogram per kapita. Kenaikan ini ditunjukkan dengan semakin menjamurnya kedai-kedai kopi di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu diungkap Wakil Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Pranoto Soenarto.

Selain itu, pertumbuhan konsumsi kopi di negara lain seperti Cina juga mulai meningkat.Pranoto berharap ekspor kopi Indonesia ke negeri tirai bambu bisa mencapai 20 persen rakyat Cina. Selama ini ekspor kopi Indonesia yang paling besar yakni ke Amerika Serikat."Pertumbuhan ekspor kopi akan tinggi jika harganya naik. Dalam dua pekan terakhir ini harga kopi naik turun," kata Pranoto. 

Menurut Pranoto harga kopi sempat naik dari 110 dolar AS per ton menjadi 138 dolar AS per ton, namun kembali turun ke angka 125 dolar AS per ton. Ia mengatakan, pendapatan dari penjualan kopi nasional bisa meningkat 20 persen apabila harga kopi mencapai 1.700 dolar AS per ton. Sementara, produksi kopi pada tahun ini diprediksi masih sama yakni sekitar 600 ribu ton. (ab)