Kecelakaan Bus di Pakistan Tewaskan 13 Orang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah bus yang ditumpangi oleh pekerja konstruksi asal Cina dan Pakistan jatuh ke jurang setelah berusaha melewati jalanan pegunungan yang licin pada hari Rabu (14/7). Kecelakaan ini menewaskan 13 orang, termasuk sembilan orang berkewarganegaraan Cina.

Paling tidak 36 orang terluka di dalam kecelakaan yang terjadi di distrik Kohistan provinsi Khyber Pakhtunkhwa, menurut wakil komisioner distrik, Arif Javed.

Kecelakaan ini terjadi di atas jalanan licin setelah hujan mengguyur semalaman, namun pemerintah Pakistan masih menyelidiki. Kedutaan Besar Cina menyatakan bus tersebut jatuh karena diserang.

Insinyur dan pekerja konstruksi asal Cina membantu Pakistan untuk membangun bendungan di Kohistan. Javed mengatakan para pekerja konstruksi asal Pakistan dan Cina ini sedang menuju lokasi pembangunan saat kecelakaan terjadi.

Asim Abbasi, asistan komisioner di Kohistan, mengatakan pihak penyelidik mempercayai kecelakaan ini tidak disengaja, namun mereka masih menyelidiki apakah terjadi ledakan di bus tersebut. Ia mengatakan sebuah tabung gas mungkin meledak dan kemungkinan ada alat-alat yang mudah meledak di kendaraan itu. Alat peledak biasa digunakan oleh insinyur dalam pekerjaan konstruksi.

Kedutaan Besar Cina mengatakan kecelakaan ini adalah sebuah penyerangan.

"Baru-baru ini, para pekerja kami yang bekerja di proyek di Pakistan menghadapi penyerangan dimana mereka tewas dan terluka," tulis mereka dalam sebuah pernyataan. "Kami telah memperingatkan warga Cina di Pakistan untuk menghindari pergi keluar kalau tidak perlu untuk bekerja dan mereka harus memperhatikan keselamatan mereka."