Kecamatan Ciracas Bakal Bangun 20 Septic Tank Warga Tak Mampu

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur berkolaborasi dengan Tim Kreatif dari unsur masyarakat, tahun ini akan membangun 20 septic tank untuk warga tak mampu. Tahap awal, pembangunan septic tank dilakukan di rumah salah satu warga Gang H. Eman RT 012/05 Kelurahan Susukan.

Camat Ciracas, Mamad mengatakan, pembangunan 20 septic tank ini merupakan tahap ketiga. Sebelumnya pada tahap awal di tahun 2019 ada 10 unit septic tank dan tahap kedua tahun 2020 ada 17 septic tank yang selesai dibangun dari hasil kolaborasi ini.

Program yang dikemas dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini untuk membantu warga dalam memiliki rumah sehat yang dilengkapi dengan adanya septic tank atau jamban dalam rumah. Selama ini warga membuang tinja ke saluran air atau kali di sekitar rumahnya. Sehingga jika dibiarkan terus akan mencemari lingkungan sekitar.

"Dalam program STBM tahap ketiga ini kita akan bangun 20 jamban atau septic tank. Mudah-mudahan target ini bakal tercapai dan tim kreatif kecamatan terus bergerak melakukan tugas sosial yang mulia ini," papar Mamad,

Untuk pembangunan 20 septic tank tersebut, kata Mamad, saat ini sudah tersedia anggaran Rp 30 juta. Anggaran ini hasil penggalangan dana dari masyarakat atau donatur yang dilakukan Tim kreatif.

"20 septic tank yang dibangun akan disebar di lima kelurahan. Masing-masing kelurahan mendapatkan jatah empat septic tank untuk warganya yang tak mampu," pungkasnya.