Kebocoran Sheet Pile Sebabkan Banjir di Jatinegara

By Admin


nusakini.com - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menyampaikan banjir yang melanda kawasan Jatinegara, Jakarta Timur dipicu akibat adanya kebocoran sheet pile di Jembatan Tongtek.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan pihaknya telah menginformasikan sheet pile yang bocor ini kepada Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

"Yang di Jatinegara karena memang pembangunan sheetpile ada yang bocor persis di Jembatan Tongtek. Saya juga sudah lapor BBWSCC supaya ditutup," katanya di Balai Kota DKI Jakarta

Menurut Teguh, banjir di wilayah tersebut juga disebabkan tingginya debit air di Kali Ciliwung dari daerah hulu. Pada Rabu (15/2) malam, tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat berstatus Siaga II dengan ketinggian air mencapai 170 sentimeter.

"Semalam persis sampai di Jakarta pukul 02 pagi. Ada limpasan di SMAN 8 ketinggian sekitar 40 cm," ujarnya.

Sementara di Kampung Pulo, kata Teguh, genangan sudah bisa surut dalam waktu dua jam. Mengingat, di kawasan tersebut telah disiagakan lima unit pompa stationer yang dioperasikan untuk membuang kembali air di permukiman warga ke kali.

"Itu juga sudah dikoordinasikan dengan BBWSCC," tandasnya.(pr/kj/al)