Ke Jerman, Presiden Jokowi Datangkan Investasi Rp 11,4 T

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan hadir pada bisnis forum di Berlin, Jerman. Pada forum bisnis ini, Jokowi mengundang sekitar 200 pengusaha Jerman untuk melakukan investasi di Indonesia.

 Forum yang diadakan di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Jerman, Senin (18/4/2016) ini Presiden didampingi oleh Menteri Perdagangan, Thomas Lembong dan Kepala BKPM Franky Sibarani.

Jokowi dalam paparannya menjelaskan di depan forum soal kondisi perekonomian Indonesia yang sedang tumbuh dan stabil. Meski di satu sisi juga terpengaruh oleh kondisi perekonomian global.  

"Anda bisa cek jurnalis atau ambassador di Indonesia, pasti mereka mengetahui banyak investasi di Indonesia hari ini," ucap Jokowi. 

Jokowi juga menyinggung soal proses investasi di Indonesia yang kini sudah lebih mudah dengan mensimplifikasi regulasi serta membuka lebih lebar peluang investasi asing di Indonesia. 

Dalam kunjungan Jokowi ke Jerman ini juga diikuti dengan penandatanganan nota kesepahaman rencana kerja sama investasi Jerman di Indonesia senilai US$ 875 juta atau setara Rp 11,4 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS). Dari nilai tersebut, US$ 800 juta merupakan penandatangan nota kesepahaman antara Ferrostahl Cronimet-ANTAM, US$ 40 juta Myer Werft-PELNI kemudian APRIL-Inava sebesar US$ 35 juta. (mk)