Ke Balikpapan, Ini yang Akan Dilakukan Presiden Jokowi

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (4/12) siang. Kedatangan Presiden dan rombongan disambut langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faruk dan istri, di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya Minggu (4/12) malam mengatakan, Presiden dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan akan meninjau proyek dana desa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin (5/12) pagi.

Setelah itu, Presiden bersama rombongan akan menuju Balikpapan Sport & Convention Center (Dome), untuk menghadiri penyerahan Sertifikat Tanah Program Strategis Tahun 2016.

“Presiden juga direncanakan akan meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang akan dikaksanakan di Lapangan Sepak Bola Bima Sakti Pangkalan TNI AU Balikpapan,” ungkap Bey.

Sedangkan pada Senin (5/12) sore, menurut Bey, Presiden Jokowi akan mensosialisasikan amnesti pajak, di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall.

Program Amnesti Pajak yang saat ini telah memasuki periode ke II (1 Oktober 2016 – 31 Desember 2016), kembali disosialisasikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Kali ini Balikpapan menjadi kota ke-7 setelah sosialisasi program serupa di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Di Provinsi yang dikenal akan sektor tambang dan mineral ini, menurut Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Presiden akan berbicara di depan sekitar 2.500 pelaku industri di Kalimantan Timur dan Utara.

Mengutip dana Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra), Bey mengatakan, antusiasme warga di kedua provinsi ini cukup tinggi. “Tercatat sebanyak 7.286 wajib pajak setempat yang mendeklarasikan asetnya guna memperoleh surat ampunan pajak. Adapun dana tebusan mencapai Rp. 983 miliar,” ujarnya.

Selain Presiden Joko Widodo yang akan menyampaikan paparannya, acara tersebut juga akan diisi oleh paparan mengenai Undang-undang Amnesti Pajak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, paparan mengenai Repatriasi dan Investasi oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, dan paparan mengenai Peluang Investasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M. Soemarno.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo saat tiba di Balikpapan antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (p/mk)