KBRI Tunjukkan Komitmen Ciptakan Kota Hijau di Bangkok

By Admin

nusakini.com--Ikrar bersama untuk ikut berpartisipasi mendukung terciptanya kota yang hijau dan berkelanjutan di Bangkok ditorehkan Gubernur Bangkok bersama sejumlah Duta Besar serta wakil dari Perwakilan Diplomatik lainnya di Bangkok melalui penandatangan Bangkok Metropolitan Administration Diplomatic Missions and International Institutions Environmental Performance and Sustainability Pledge  di Taman Lumpini Bangkok awal pekan ini. Tak ketinggalan, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi ikut menandatangani Pledge tersebut. 

  Penandatangan Pledge dimaksud bersamaan dengan Peringatan Hari Lingkungan Dunia di Bangkok. Ikrar bersama tersebut dimaksudkan untuk membentuk sebuah kemitraan Eco Capital Forum Cabang Bangkok guna ikut mendorong dan mempromosikan pogram, kebijakan, dan proyek-proyek yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan, kekuatan ekonomi dan kesetaraan sosial di Bangkok. 

  Dari pihak Pemda Bangkok yang mewakili penandatanganan ikrar tersebut adalah Gubernur Bangkok, Sukhumbhan Paribatra. Sementara dari pihak Perwakilan Diplomatik di Bangkok adalah KBRI, Kedubes Amerika Serikat, Kedubes Australia, Kedubes Kanada, Kedubes Malaysia, Kedubes Swiss, Kedubes Irlandia, Kedubes Itali, Kedubes Jerman, Kedubes Prancis, Kedubes Jerman, Kedubes Inggris, Kedubes Austria, dan UNEP. 

  “Dengan ikut menandatangani Pledge dimaksud menunjukkan bahwa Indonesia senantiasa memiliki komitmen yang kuat terhadap terciptanya kota yang hijau dan berkelanjutan. Hal ini juga semakin mendorong semangat KBRI untuk membersihkan dan menghijaukan lingkungan kantor sendiri,” demikian tegas Ahmad Rusdi yang memang sedang giat-giatnya membersihkan dan merapihkan lingkungan KBRI pada minggu-minggu awal tugasnya sebagai Duta Besar. 

  Dalam sambutannya, Gubernur Bangkok mengharapkan agar ikrar kemitraan ini dapat ikut mendorong menciptakan Kota Bangkok sebagai kota yang bersih, hijau, dan berkesinambungan sehingga nyaman bagi penduduknya, termasuk para diplomat. 

  Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat, Glyn T. Davies, mewakili Kedubes AS di Bangkok sebagai inisiator pada intinya menegaskan bahwa agar komunitas diplomatik yang umumnya tinggal di Kota Bangkok menjadi pendorong penting terciptanya Bangkok sebagai green and sustainable city. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bangkok dan para Duta Besar dan wakil Perwakilan Diplomatik lainnya masing-masing melakukan penanaman pohon di area Taman Lumpini. (p/ab)