KBRI Tashkent Dorong Peningkatan Perdagangan RI-Uzbekistan

By Abdi Satria


nusakini.com-Tashken-Sejumlah pengusaha Uzbekistan turut ambil bagian pada kegiatan Business Gathering yang diadakan pada 18 Mei 2022 di Hotel Hyatt Tashkent. Acara yang diprakarsai oleh KBRI Tashkent ini terselenggara atas dukungan dari ITPC Dubai, KADIN Indonesia dan KADIN Uzbekistan.

Duta Besar Indonesia untuk Uzbekistan, Sunaryo Kartadinata menggarisbawahi pentingnya upaya bersama untuk mengoptimalkan potensi guna meningkatkan perdagangan kedua negara yang dinilai masih rendah. Dubes Sunaryo juga mengajak pelaku usaha di Uzbekistan untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diadakan pada Oktober 2022.

Pada sesi paparan, Ketua ITPC Dubai, Muhammad Khomaini, dan Ketua KADIN Indonesia wilayah Asia Tengah, Robert Tampubolon, memberikan penjelasan mengenai kebijakan ekspor dan impor Iindonesia dan produk- produk yang menjadi komoditas untuk dipasarkan di Uzbekistan.

Dari sesi diskusi dan tanya jawab, sejumlah pengusaha menyatakan minatnya untuk bekerjasama dengan Indonesia. Diantaranya, keingingan untuk mengimpor 50 ribu ton palm oil dan produk turunannya dari Indonesia, produk ban mobil, teh dan juga biji kopi.

Sebagai tindak lanjut, KBRI Tashkent akan mengadakan pertemuan teknis secara virtual dengan pihak terkait di Indonesia.(rls)