KBRI Budapest Jajaki Kerja Sama Wisata dengan Balatonfured

By Admin

nusakini.com--Duta Besar RI untuk Hongaria, H.E. Wening Esthyprobo Fatandari menerima kunjungan kehormatan, Dr. Paul Kiszely, seorang Biologist, Consultant, Environment, Foreign Affairs of Local Government of Balatonfured di KBRI Budapest baru-baru ini.

Kunjungan yang merupakan inisiatif kedua belah pihak ini membicarakan banyak hal, antara lain kesempatan kerja sama antara Pemerintah Daerah di Indonesia dan Pemerintah Lokal Balaton terutama dalam penanganan industri Pariwisata. Kota Balaton yang terletak di Barat Hongaria merupakan salah satu kota destinasi wisata utama di Eropa karena keberadaan Danau Balaton yang merupakan danau air tawar terbesar di Eropa Tengah dengan ukuran keliling sekitar 82 km. 

"Kita bisa belajar banyak dari Pemerintah Balaton," ujar Dubes Wening seusai pertemuan, "Indonesia sangat kaya dengan keindahan alam, termasuk danau, dengan kerja sama antara Pemerintah Balaton dan Pemda-pemda di Indonesia yang memiliki danau, kita dapat mempelajari pengelolaan danau seperti daya dukung ekonomi danau bagi penduduk sekitar, pengelolaan air limbah rumah tangga/hotel, pelestarian lingkungan, budidaya air tawar, dan manajemen kepariwisataan dari mereka serta menerapkannya di Indonesia, tentunya setelah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan lokal." 

Sebagai danau terbesar di Eropa Tengah, Pemerintah Balaton setiap tahunnya dapat menarik ratusan ribu wisatawan ke Balaton. Pemerintah Balaton sukses memadukan berbagai kegiatan pariwisata di Balaton seperti Pacuan Kuda, Perkebunan Anggur, Perkebunan Lavender, Pemandian Air Panas dan Spa di kawasan sekitar Balaton sehingga pengunjung tidak hanya datang ke Balaton pada musim panas saja namun juga berkunjung di musim dingin. 

"Memadukan potensi pariwisata dan satu tempat, adalah salah satu trik yang dapat kita ambil dari Balaton, saya akan sangat senang dan mendukung apabila ada pemerintah daerah kita yang memiliki potensi wisata berupa danau datang ke Hongaria untuk belajar mengelola danau. Saya yakin, dengan pengelolaan yang baik dan profesioinal, danau-danau di Indonesia seperti Danau Toba di Sumatera Utara juga memiliki potensi yang sangat menjanjikan sebagai destinasi wisata dunia dan tentunya akan memberikan efek ekonomi yang luar biasa baik bagi masyarakatnya," pungkas Dubes Wening. 

Selain membicarakan masalah pariwisata, pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam tersebut juga membicarakan hal-hal lain seperti kerja sama pendidikan, penelitian serta pertukaran budaya. KBRI Budapest sendiri menganggap bahwa pertemuan awal ini merupakan kesempatan yang sangat baik dan akan menggali lebih dalam mengenai potensi-potensi kerja sama yang ada.(p/ab)