Kawasan Tanjung Bira Tetap Buka Jelang Tutup Tahun, Pemkab Bulukumba Terapkan Aturan Prokes Ketat

By Abdi Satria


nusakini.com-Bulukumba-Kawasan wisata Tanjung Bira Bulukumba tetap menjadi primadona para wisatawan jelang penutupan tahun 2020. Saat ini, sejumlah penginapan dan hotel sudah full booked. Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulumba pun sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan menerapkan aturan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Untuk mengontrol aktivitas pengunjung, pihak Pemkan Bulukumba akan membentuk Posko COVID-19 di pintu masuk kawasan wisata Tanjung Bira.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng kepada awak media belum lama ini. "“Kami akan berkoordinasi kepada setiap pemilik usaha termasuk toko, hotel penginapan untuk berkontribusi mengingatkan semua pengunjung yang ada di tempatnya, tentang pentingnya menerapkan prokes,” ujar Ali Saleng.

Menurut Ali Saleng, petugas yang diturunkan akan selalu mengingatkan pengunjung dan pelaku usaha untuk menghindari kerumunan yang dapat menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. “Saya kira kalau pun ada kegiatan yang pengunjung lakukan yang berpotensi menjadi klaster baru, akan dibubarkan,” tegas Ali Saleng.

Dilain pihak, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba juga berencana akan melakukan sosialisasi di tempat wisata terkait penerapan protokol kesehatan. “Kita akan tetap mensosialisasikan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata,” ujar Kadinkes Kabupaten Bulukumba, dr Wahyuni. (rls)