Kawasan Pelabuhan Muara Angke Ditata di 2018

By Admin


nusakini.com - Kawasan Pelabuhan Muara Angke di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, akan ditata tahun 2018 mendatang dengan menerapkan konsep keterpaduan dan keserasian.


Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, nantinya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan bertindak sebagai leading sector untuk penataan kawasan.


"Ini penting, agar penataan kawasan dilakukan secara terintegrasi dan tidak berjalan sendiri-sendiri," ujar Saefullah, di Balai Kota DKI Jakarta


Dijelaskannya, Pelabuhan Muara Angke akan dijadikan pelabuhan terbaik untuk mengakomodir pengunjung dengan tujuan ke Kepulauan Seribu. Pelabuhan ini juga direncanakan bisa melayani penumpang dengan tujuan daerah lain seperti, Surabaya, Lampung dan Palembang.


"Tahun depan, penataan kawasan Pelabuhan Muara Angke dimulai," jelasnya.


Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah menyatakan, pihaknya baru menyelesaikan studi terkait Pelabuhan Muara Angke.


Menurutnya, sesuai standar operasional prosedur (SOP) memang harus ada pemisahan antara angkutan barang dan angkutan orang.


"Prinsipnya, kita siap jika ada pelimpahan kewenangan dari Kementerian Perhubungan maupun Dirjen Perhubungan Laut," tandasnya.(pr/kj/al)