Kasus Harian Jepang Sentuh Angka 70.000

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jumlah harian kasus COVID-19 baru di Jepang mencapai rekor lain lebih dari 70.000 pada hari Rabu (26/1) karena varian Omicron yang lebih menular melanjutkan penyebarannya yang cepat di Tokyo dan di tempat lain.

Penghitungan 71.633, naik hampir 10.000 dari Selasa (25/1) dan mencapai rekor tertinggi untuk hari kedua berturut-turut, dilaporkan sebelum Jepang memperluas tindakan darurat semu ke petak luas kepulauannya, dari Hokkaido ke wilayah barat daya Kyushu.

Tokyo mengkonfirmasi 14.086 infeksi virus corona harian, melampaui tertinggi sepanjang masa sebelumnya dari 12.813 yang dicatat pada Selasa, dengan sedikit indikasi lonjakan infeksi akan melambat.

Osaka, yang mengkonfirmasi 9.813 kasus, dan banyak prefektur lainnya juga melaporkan rekor angka harian, sementara lonjakan tersebut membebani sektor medis yang mulai berjuang dengan kurangnya alat tes PCR dan sumber daya manusia yang terbatas.

Langkah-langkah kuasi-darurat, seperti meminta restoran dan bar untuk mempersingkat jam kerja mereka dan menghentikan atau membatasi penyajian alkohol, berlaku di 18 prefektur tambahan, termasuk Hokkaido, Fukushima, Nagano, Osaka, Kyoto, dan Fukuoka, mulai Kamis (27/1) hingga Februari. 20.

Dengan tambahan, 34 dari 47 prefektur di negara itu ditempatkan di bawah langkah-langkah anti-virus yang lebih ketat.

Meskipun jumlah orang yang baru terinfeksi di beberapa negara asing sedang dalam tren turun, Takaji Wakita, seorang spesialis penyakit menular, mengatakan pada konferensi pers, "Tidak jelas pada titik mana Jepang akan mulai berkurang."

Sekelompok ahli yang memberi nasihat kepada kementerian kesehatan tentang tanggapan pandemi, yang dipimpin oleh Wakita, memperingatkan bahwa ada risiko infeksi yang meluas, dengan orang tua khususnya menjadi sakit parah.

Tokyo dan tiga prefektur tetangga termasuk di antara 13 daerah yang ditambahkan ke keadaan darurat semu minggu lalu, dengan tidak ada perubahan sejauh ini pada tanggal akhir yang direncanakan 13 Februari di wilayah tersebut.

Dari 18 prefektur yang baru ditambahkan, tidak termasuk Aomori, Yamagata dan Fukushima, tindakan tersebut akan berlaku di seluruh wilayah mereka.

Pembatasan kuasi-darurat yang telah diberlakukan sejak 9 Januari di prefektur Okinawa, Yamaguchi, dan Hiroshima juga diperpanjang melampaui tanggal akhir awal 31 Januari hingga 20 Februari. (Kyodo/dd)