nusakini.com - Internasional - Bruce Willis akan mundur dari karir aktingnya setelah didiagnosis menderita aphasia, suatu kondisi yang menghambat kemampuan seseorang untuk berbicara dan menulis.

Keluarga aktor tersebut, termasuk istrinya Emma Heming-Willis dan mantan istrinya Demi Moore, mengumumkan kondisinya di Instagram pada hari Rabu (30/3).

Aphasia "mempengaruhi kemampuan kognitifnya", kata pernyataan itu.

Willis, 67, terkenal karena memerankan John McClane dalam film Die Hard, yang membuatnya menjadi bintang.

"Dengan banyak pertimbangan, Bruce menjauh dari karier yang sangat berarti baginya," tulis keluarganya dalam pernyataan bersama. "Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan."

Willis memiliki lima anak perempuan, tiga dengan Moore dan dua dengan Heming-Willis.

Karir aktingnya dimulai pada awal 1980-an tetapi ia tidak menjadi bintang besar sampai paruh akhir dalam dekade itu - pertama setelah membintangi berlawanan Cybill Shepherd di serial TV ABC Moonlighting dan kemudian dalam penampilannya tahun 1988 sebagai John McClane dalam film Die Hard pertama.

Sejak itu, film-filmnya termasuk The Sixth Sense, Armageddon dan Pulp Fiction telah meraup lebih dari $5 miliar di seluruh dunia, menurut Variety. Dia telah dinominasikan untuk lima Golden Globes, memenangkan satu untuk Moonlighting, dan tiga Emmy, memenangkan dua dari nominasi tersebut.

Beberapa aktor dan bintang lainnya menyampaikan belasungkawa kepada Willis dan keluarganya menyusul kabar tersebut.

"Rahmat dan nyali! Cinta untuk kalian semua!" tulis aktris Jamie Lee Curtis sebagai tanggapan atas postingan Demi Moore.

"Mengirimkan banyak cinta dan penyembuhan untuk kalian semua!" tulis jurnalis Katie Couric. (bbc/dd)