Kapasitas Saluran Air Jalan Pahlawan Kebon Jeruk Ditambah

By Al


nusakini.com - Jakarta - Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat menambah kapasitas saluran air di Jalan Pahlawan RT 02/05, Kelurahan Sukabumi Selatan.

Kepala Satpel SDA Kecamatan Kebon Jeruk, Suprapto menuturkan, penambahan kapasitas saluran air Jalan Pahlawan telah dirampungkan. Adapun pengerjaannya dimulai sejak 3 Agustus 2022.

“Awalnya saluran hanya selebar 20 sentimeter. Kini diperlebar menjadi 40 sentimeter menggunakan u-ditch,” ujar Suprapto

Menurutnya, panjang saluran yang ditambah kapasitasnya sepanjang 10 meter dengan tinggi saluran air 55 sentimeter.

Dikatakan Suprapto, pengerjaan penambahan kapasitas saluran air tesebut menindaklanjuti laporan warga yang mengeluhkan sering terjadi genangan di kawasan itu terutama saat hujan deras. Genangan disebabkan antrean air ke dalam saluran air tidak optimal karena kondisi saluran yang sempit.

“Jadi saluran air kami perlebar sehingga volume atau daya tampung airnya semakin besar serta meminimalisir terjadinya genangan,” kata Suprapto.

Suprapto berharap, perbaikan saluran air yang dilakukan 10 personel Satpel SDA Kecamatan Kebon Jeruk tersebut dapat dijaga oleh masyarakat.

“Jangan buang sampah ke dalam saluran air. Jangan mendirikan bangunan atau parkir di atas saluran air. Ini harus kita jaga bersama-sama,” tandasnya.