Kapal Cina Buronan Argentina Ditangkap Pemerintah RI

By Admin

nusakini.com--Kapal berbendera Cina buronan Argentina berhasil ditangkap Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan TNI Angkatan Laut. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, penangkapan kapal dilakukan pada 22 April lalu di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia yang termasuk dalam Selat Malaka. Kapal bernama FV Hua Li 8 tersebut pada 23 April lalu sudah ditarik menuju dermaga Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

"Penangkapan ini atas isu purple notice dari Interpol dan permintaan negara Argentina, jadi pada hari ini kita selesaikan semua berita acara serah terima kapal ini dan dokumennya kepada pemerintah Argentina," ujar Susi dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (29/4/2016).

"Kita serahkan semua evidence dokumen kepada dubes Argentina mewakili pemerintah Argentina untuk dibawa ke pengadilan negerinya. Kita semua serahkan kepada Argentina untuk melanjutkan investigasi dan proses pengadilannya," ujar Susi.

Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro mengakui sangat terbantu dengan kerja sama pemerintah Indonesia.

Saat ini posisi kapal masih berada di Belawan bersama dengan para anak buah kapal (ABK) yang juga ikut diamankan untuk sementara. (ab)