Kalahkan Liverpool, Arsenal Raih Trofi Juara Community Shield 2020

By Abdi Satria


nusakini.com-London - Arsenal mengalahkan Liverpool lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 pada laga Community Shield 2020, di Stadion Wembley, Sabtu (29/8/2020) malam WIB.

Penentuan pemenang terpaksa dilakukan lewat babak tos-tosan, karena kedua tim bermain 1-1 selama 2x45 menit. Hasil tersebut membuat The Gunners berhak atas trofi Community Shield 2020, sekaligus yang ke-16 pada ajang ini. 

Pada  laga ini, Arsenal  unggul lebih dulu pada menit ke-12lewat aksi Pierre-Emerick Aubameyang. Bola hasil tembakan terukur Aubameyang dari luar kotak penalti, menghujam pojok kanan bawah gawang The Reds yang dikawal Alisson. 

Liverpool yang tertinggal satu gol coba menyamakan kedudukan dan terus menekan pertahanan Arsenal. Namun hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Tim Meriam London tetap bertahan. 

Masuk paruh kedua, Liverpool semakin intens melancarkan serangan. Akan tetapi, peluang yang didapat Virgil van Dijk pada menit ke-54 dan Sadio Mane menit ke-56 masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-73, Takumi Minamino yang masuk ke lapangan pada menit ke-59 dan menggantikan Neco Williams, berhasil membawa Liverpool menyamakan skor. Memanfaatkan kemelut di muka gawang Arsenal, Minamino sukses mencetak gol dengan tendangan kaki kanan. 

Skor sama kuat membuat pertandingan semakin menarik. Aksi jual-beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Namun hingga 2x45 menit berakhir, skor 1-1 tetap bertahan. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. 

Pada babak tos-tosan, Arsenal keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4. Dari lima penendang The Gunners, yakni Reiss Nelson, Ainsley Maitland-Niles, Cedric Soares, David Luiz, dan Pierre-Emerick Aubameyang menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, dari lima algojo penalti Liverpool hanya empat yang sukses mencetak gol. Keempat pemain The Reds tersebut adalah Mohamed Salah, Fabinho, Takumi Minamino, dan Curtis Jones. Adapun tendangan 12 pas Rhian Brewster menghantam mistar gawang. (bola.com)