Kadis KPKP Beri Kuliah Umum Terkait Pertanian Perkotaan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni memberikan kuliah umum terkait urban farming atau pertanian perkotaan kepada mahasiswa dan dosen dari dalam dan luar negeri di Kantor Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat.

Kuliah Umum ini diadakan sehubungan dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menjadi tuan rumah pelaksanaan The 3rd International Summer Course Program dengan tema "Family Life Among Agricultural Families in Indonesia : Family Well-Being Through Tropical Urban Farming". 

Selain panitia dari IPB, peserta yang hadir berasal dari negara Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan. 

Darjamuni mengatakan, dosen dan mahasiswa ini penasaran dengan penerapan urban farming atau pertanian perkotaan di Jakarta. 

"Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang pertanian perkotaan di Jakarta. Menurut mereka urban farming di Jakarta sangat menarik untuk dipelajari," ujarnya

Ia menambahkan, dalam Kuliah Umum tersebut juga disampaikan mengenai Gang Hijau yang telah diterapkan warga.

"Mereka sangat antusias setelah menerima pemaparan mengenai pertanian perkotaan di tengah keterbatasan lahan di Jakarta," terangnya.

Ia menambahkan, setelah mengikuti Kuliah Umum peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi urban farming yang dikelola secara individu Hydroponic Alley di Kecamatan Cilandak dan lokasi urban farming yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani Seruni Indah di Kebayoran Lama Jakarta Selatan. 

"Melalui kunjungan itu mereka bisa melihat langsung pelaksanaan urban farming dan pengembangan-pengembangannya di masyarakat. Selain itu, bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan terkait budidaya tanaman di Jakarta, termasuk manajemen sumber daya keluarga anggota kelompok tani," tandasnya.