Kadin: UMKM Elemen Penting Perekonomian Indonesia

By Admin

nusakini.com--Komite Tetap Akses Permodalan Kadin Indonesia, Teguh Anantawikrama menyatakan Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah elemen penting dalam perekonomian Indonesia.

Menurut Teguh, UMKM tidak hanya memperkuat perekonomian Indonesia saja, tetapi juga akan menjadi pemain penting dalam perekonomian dunia.

Karena itu, Kadin Indonesia, bertekad memperkuat mereka. "Dengan memperkuat UMKM, maka Indonesia sesungguhnya tidak perlu khawatir akan terpuruknya perekonomian," kata Teguh.

Menurut Teguh, pihaknya  mengunjungi beberapa UMKM untuk menggali potensi mereka. Dan juga  memahami kelemahan UMKM untuk diperbaiki. 

Dalam rangkaian kunjungannya tersebut, diketahui bahwa beberapa pelaku UMKM memiliki kekuatan untuk bertahan hidup di tengah terpaan ancaman krisis.

"Beberapa di antaranya, malah memiliki ukuran tersendiri mengenai keberhasilan dan merasa bahwa tidak selalu perlu memperbesar skala usaha, jika hal tersebut malah akan membuat mereka tidak mampu menangani bisnisnya," ungkapnya.

Hal yang terpenting bagi UMKM adalah bagaimana bisa terus bertahan tanpa mengalami penurunan. Karena itu, dia sangat senang melihat kekuatan daya tahan hidup UMKM Indonesia. (p/ab)