Kabupaten Lingga Nikmati Manfaat Hasil Riset dan Kajian LIPI

By Admin

Foto: Humas LIPI 

nusakini.com - Bupati Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau, Alias Wello mengapresiasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) karena membantu mengoptimalkan potensi daerahnya. “Kami merasakan kehadiran LIPI melalui kajian dan hasil risetnya yang berhasil meningkatkan ekonomi daerah kami,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam workshop bertajuk Evaluasi dan PenguatanImplementasi Kerjasama Iptek LIPI dengan Mitra Strategis pada Kamis (27/10/2016) di Bogor, Jawa Barat.

  Pria yang akrab disapa Awe ini mencontohkan, salah satu hasil riset yang telah digunakan di Lingga adalah Pupuk Organik Hayati (POH) LIPI. “Pupuk tersebut telah membantu sektor pertanian dalam meningkatkan produksinya, terutama beras. Sehingga, ke depan dapat pula membantu merealisasikan Lingga sebagai daerah pengekspor beras tahun depan,” tuturnya. 

  Menurutnya, banyak yang tidak memperhitungkan bahwa Lingga memiliki potensi pertanian. Pihaknya pun berharap keberadaan LIPI di wilayahnya akan terus berlanjut. “Tidak hanya di Lingga saja, kami ingin LIPI ada di seluruh Indonesia untuk membantu daerah menggali potensi lokal dan meningkatkan komoditinya melalui kajian dan hasil risetnya,” tekannya. 

  Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain menyambut positif apresiasi dari Lingga ini. Dia menekankan, LIPI akan berupaya selalu hadir ke setiap wilayah Indonesia untuk mengembangkan potensinya. “LIPI telah memiliki Memorandum of Understanding(MoU) dengan para stakeholder dalam negeri termasuk pemerintah daerah sebanyak 195 nota kesepahaman. Ini adalah bentuk komitmen kami membantu para stakeholder tersebut,” ungkapnya. 

  Dia pun mengingatkan, agar setiap kerjasama yang telah terjalin mampu terimplementasi dengan baik supaya transfer hasil riset LIPI dapat secara maksimal dirasakan daerah. “LIPI dan pemerintah daerah yang telah bekerjasama juga harus secara bersama-sama mengidentifikasi potensi lokal agar setiap kajian dan implementasinya bisa tepat,” pungkasnya. (p/mk)