Jumlah Anak SD di Jepang Turun 1 Juta dalam 10 Tahun Terakhir

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jumlah siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Jepang turun sekitar 1 juta dari satu dekade sebelumnya menjadi sekitar 9,56 juta pada tahun 2020, menurut survei pemerintah, menggarisbawahi penuaan cepat penduduk negara itu.

Dengan mempelajari survei tahunan, Kyodo News menemukan bahwa 346 dari 1.892 kotamadya di Jepang mengalami penurunan jumlah siswa dalam sistem wajib belajar lebih dari 30 persen dalam 10 tahun.

Jumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di negara itu mencapai 29.793, turun sekitar 3.000 karena percepatan penutupan dan konsolidasi sekolah-sekolah tersebut, terutama di daerah pedesaan.

Survei oleh kementerian pendidikan mencakup sekolah-sekolah yang dikelola negara, kota dan swasta. Mengikuti sekolah dasar dan sekolah menengah pertama adalah wajib di Jepang.

Margin penurunan terbesar terjadi di kota Okuma, Prefektur Fukushima, yang mencatat penurunan 99 persen dalam jumlah siswa seperti itu selama periode 10 tahun.

Itu berasal dari evakuasi daerah tersebut setelah bencana nuklir di pembangkit listrik Fukushima Daiichi di kota itu, yang dipicu oleh gempa bumi besar dan tsunami pada tahun 2011.

Desa Kamikitayama di Prefektur Nara mengalami penurunan jumlah siswa 81 persen, diikuti oleh penurunan 65 persen di desa Nammoku, Prefektur Gunma, dan penurunan 64 persen di desa Otaki, Prefektur Nagano.

Namun, jumlahnya meningkat di 237 kotamadya, banyak di antaranya berada di daerah perkotaan seperti Tokyo, serta prefektur Osaka, Aichi dan Fukuoka.

Lalu sementara banyak kotamadya di daerah pedesaan mencatat penurunan jumlah siswa, beberapa melaporkan peningkatan.

Jumlah di Nonoichi, Prefektur Ishikawa, naik 20 persen menjadi 4.842, dan di desa Minamiminowa di Nagano meningkat 6 persen menjadi 1.501.

Kenaikan dilaporkan di kota-kota komuter untuk wilayah metropolitan serta kotamadya yang telah menerapkan langkah-langkah untuk mendukung rumah tangga dengan anak-anak. (kyodo/dd)