Juara di Meksiko, Hamilton Persempit Jarak Poin Dengan Rosberg

By Admin

nusakini.com--Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil memangkap gap dengan pemuncak klasemen, Nico Rosberg, menjadi 19 poin seusai memenangi balapan F1 GP Meksiko di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (31/10/2016) dini hari WIB.  

Rosberg, yang menjadi pesaing utama Hamilton dalam perebutan gelar juara harus puas berada posisi kedua. Pebalap asal Jerman itu melintas garis finis 8,354 detik di belakang Hamilton. Bagi Hamilton, ini menjadi kemenangan yang kedelapannya sepanjang musim ini, sekaligus membuat persaingan dengan Rosberg bertambah ketat.  

Podium ketiga menjadi milik pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang mendapatkan posisi tersebut gara-gara kejadian kontroversial pada lap-lap terakhir.  

Pada balapan ini, Hamilton tampil sangat dominan. Padahal dia sempat melebar saat melintasi tikungan pertama. Di belakangnya, ban mobil Rosberg bersentuhan dengan ban mobil pebalap Red Bull, Max Verstappen, sehingga memaksa Rosberg melewati area berumput.  

Namun, setelah drama tersebut balapan kembali ke komposisi normal, di mana Hamilton berada di posisi pertama dan Rosberg melaju di belakangnya. Komposisi tersebut bertahan hingga akhir balapan, tanpa ada kejadian istimewa maupun kontroversial. 

Drama justru terjadi di belakang dua pebalap Mercedes tersebut. Verstappen sebenarnya menyentuh garis finis di belakang Hamilton dan Rosberg, sedangkan posisi keempat dan kelima ditempati oleh Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo. 

Tetapi, Vettel mendapat berkah tak terduga. Verstappen dijatuhi penalti lima detik pada lap ke-70, saat dia melintasi area berumput pada tikungan satu kala bersaing dengan Vettel untuk memperebutkan posisi ketiga. Gara-gara penalti tersebut, posisi Verstappen melorot ke posisi kelima, sedangkan podium ketiga diambil alih oleh Vettel. Posisi keempat akhirnya menjadi milik Ricciardo.   

Dengan rampungnya balapan GP Meksiko, kompetisi F1 musim 2016 kini tinggal menyisakan dua seri, yaitu di Brasil dan Abu Dhabi. Hamilton dan Rosberg dipastikan bakal berjuang habis-habisan menjadi yang terbaik di dua seri tersebut demi mengamankan gelar juara dunia F1 2016. (b/ab)