Jokowi Minta Harga Sembako Ramadhan Tahun Ini Lebih Rendah Dari 2015

By Admin

nusakini.com - Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta harga sembako pada bulan ramadhan tahun ini lebih rendah dari 2015. Hal itu dikemukakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai rapat terbatas persiapan menghadapi puasa dan Lebaran 2016 di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Presiden, kata Pramono, meminta para birokrat untuk tidak boleh main-main terkait dengan persediaan bahan kebutuhan pokok di Bulan Ramadhan dan Lebaran 2016.

Dalam rapat kabinet itu, Jokowi meminta agar harga daging, minyak goreng dan beras pada Lebaran dan bulan puasa 2016 lebih rendah dibandingkan dengan harga saat ini.

"Sebagai contoh misalnya, daging sekarang sudah 120 ribu/kg. Presiden minta saat Ramadhan dan Lebaran di bawah 80 ribu/kg," kata Pramono.

Menurut Pramono, Jokowi saat membuka rapat terbatas menginginkan agar pemerintah membalik situasi saat Lebaran 2016 berbeda dengan sebelumnya dimana harga daging dan beras selalu naik tajam.

"Hal-hal yang rutin naik, tahun ini kita jungkirbalikkan," katanya.

Presiden juga memerintahkan agar pejabat yang mempersulit izin terkait ketersediaan sembako sehingga mengakibatkan harga naik tajam saat Bulan Ramadhan dan Lebaran supaya dipecat.

"Birokrasi yang beri perizinan di kementerian tertentu yang mempersulit izin, yang memperlama izin, Presiden telah memerintahkan untuk diganti. Dicopot!"

Selain itu, Presiden juga minta agar sarana transportasi dan pasokan energi dijaga. (ab)