Jokowi: Blok Masela Bakal Serap 12.000 SDM Lokal

By Admin


nusakini.com - HalmaheraPengelolaan Blok Masela diperkirakan bakal menyerap 12.000 sumber daya manusia (SDM). Hal itu diungkap Presiden Joko Widodo setelah meresmikan dan meninjau Pelabuhan Tobelo di Halmahera Utara, Rabu (6/4/2016) siang. 

Menurut Jokowi, angka itu merupakan SDM yang terkait dengan keteknikan belum termasuk tenaga pendukung yang lain. 

"Menristekdikti kemarin juga sudah kontak dengan Rektor Universitas Pattimura artinya persiapan seperti itu memang harus jauh-jauh sebelumnya, untuk Masela kan operasi kira-kira 8 tahun lagi tapi SDM harus disiapkan dari sekarang," kata Jokowi. 

Presiden mengatakan pemerintah telah menghitung kebutuhan sumber daya manusia untuk mengelola Blok Masela yang diperkirakan akan menyerap 12.000 SDM. 

Ia menegaskan, penyiapan SDM harus dilakukan agar jangan sampai kebutuhan itu justru dipenuhi dari luar Maluku. 

"Disiapkan jangan sampai nanti diambil oleh misalnya yang di Jawa atau yang asing, saya kira kita ingin agar wilayah menikmati dari sebuah proyek besar untuk pengembangan wilayah terutama di Indonesia Timur," katanya. 

Pemerintah memperkirakan butuh SDM dalam jumlah besar khususnya lulusan teknik perminyakan, teknik geologi, dan teknik-teknik lain untuk mengelola kilang Masela yang diputuskan dibangun di darat. 

Presiden ingin agar jangan sampai saat beroperasi kelak, investor beralasan soal ketiadaan SDM lokal sehingga menggunakan SDM asing. (ab)