Jokowi Bahas Keamanan Dengan Utusan Malaysia dan Filipina

By Admin

nusakini.com--Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan menteri luar negeri dan panglima militer Malaysia dan Filipina di Gedung Agung, atau Istana Yogyakarta, Kamis (5/5/2016) .Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo turut mendampingi Presiden dalam pertemuan itu.

Petinggi Malaysia yang hadir adalah Menteri Luar Negeri Dato' Sri Anifah Aman dan Panglima Angkatan Bersenjata Tan Sri Dato' Sri. Sedangkan pejabat Filipina, yang hadir ialah Menteri Luar Negeri Jose Rene D Amendras dan Pelaksana Tugas Panglima Militer Filipina Caesar C Taccad AFP. 

Presiden menjelaskan, pertemun itu membahas keamanan isu keamanan perairan di kawasan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Hal itu berkaitan dengan peristiwa penyanderaan warga Indonesia oleh kelompok militan Abu Sayyaf yang berbasis di Filipina selatan.

“Pertemuan ini dilakukan terkait situasi keamanan perairan di kawasan ASEAN (negara-negara di Asia Tenggara), khususnya di perbatasan ketiga negara, yang terganggu dengan adanya aksi pembajakan kapal oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf,” dikutip dari keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, 

Pemerintah berupaya membebaskan empat warga Indonesia yang masih disandera kelompok Abu Sayyaf, setelah membebaskan sepuluh warga yang lain yang lebih dahulu ditawan. (ab)