Joan Laporta Percaya Sepakbola Indonesia Bisa Berkembang

By Admin


nusakini.com - Mantan presiden Barcelona Joan Laporta mengaku sepakbola Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing dengan negara-negara lain. Hal ini terjadi karena ia merasa masyarakat Tanah Air mempunyai kadar fanatisme yang luar biasa.

Oleh karena itu, Laporta optimistis suatu saat nanti, Indonesia bisa berbuat banyak di kancah internasional. Sebab, sekarang ia menuturkan sepakbola bukan hanya sekadar bermain di lapangan hijau saja, melainkan telah jadi industri besar.

"Selain potensi yang luar biasa, Indonesia punya suporter dengan komitmen besar untuk mendukung tim di Indonesia. Sepakbola bukan hanya cara menendang bola, tapi sepakbola adalah budaya. Ingin mengembangkannya, kalian harus mengembangkan filosofi," kata Laporta.

Meski begitu, pria berusia 54 tahun tersebut menyatakan Indonesia harus terlebih dahulu membangun sistem yang rapih dalam mengelola sepakbola. Sebab, ia itu merupakan kunci utama sebuah negara bisa menjadi sukses.

"Tapi menjadi sukses, kalian harus membangun sistem, dan sistem adalah hal terpenting di opini saya. Jika tidak ada sistem, maka tidak ada proses dalam pengembangan sepakbola," ucapnya. (fft/om)