JK: Stok Beras Aman Sampai Lebaran

By Admin

nusakini.com-- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim bahwa stok pangan pasokan beras hingga Lebaran aman. Artinya, pemerintah tidak perlu mengimpor beras untuk mengantisipasi pasokan beras untuk menyambut hari raya Idul Fitri pada Juli mendatang. 

JK mengklaim, untuk pasokan Lebaran tidak pernah ada masalah. Sebab, kebutuhan pangan masyarakat terhadap beras di selama Ramadhan cenderung lebih sedikit.

"Kalau pangan, beras maksudnya sih ndak ada masalah," ujarnya saat ditemui di gedung Bulog Jakarta, Selasa (10/5). Namun, kata JK, yang menjadi persoalan setiap Lebaran itu adalah pasokan komoditas pangan yang sering digunakan untuk menjadi makanan wajib saat Lebaran. Sebab, meningkatnya permintaan menyebabkan harga komoditas pangan tertentu menjadi bergejolak 

Menurut JK, masalah di Lebaran itu adalah bahan pangan, dimana semua orang memakai disaat suplainya tidak bisa dinaikkan tiba-tiba. "Katakanlah ayam, telur, ikan, cabai. Itu saja yang bergejolak," ujarnya.

Akan tetapi, menurut JK, hal tersebut dapat dimanfaatkan para petani sebagai hadiah Lebaran dengan mendapatkan harga jual yang lebih baik. "Tetapi biarlah kesempatan juga petani mendapat hadiah Lebaran dengan harga yang baik," kata JK.(p/ab)