Jepang Tawarkan Beasiswa Buat Mahasiswa S2 dan S3

By Admin


nusakini.com - Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-2 dan S-3 di beberapa universitas terkemuka di negeri itu.

Hal dikatakan Khadijah, Staf Konjen Jepang di Medan, Senin (11/4/2016). Menurut Khadijah, pendaftaran pogram beasiswa Pemerintah Jepang dibuka mulai Selasa (12/4/2016) untuk tahun akademik 2017. 

Bagi yang berminat, lanjut Khadijah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti berkewarganegaraan Indonesia, kelahiran April 1982, IPK dari universitas jenjang pendidikan terakhir minimum 3,0 dan memiliki Nilai TOEFL minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang minimum level 2/N2. 

"Selain tiket pergi pulang, uang masuk universitas, uang kuliah dibiayai melalui beasiswa, para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya untuk biaya kehidupan sehari-hari," katanya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, registrasi online dan formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (https://www.id.emb-japan.go.jp).

Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 09 Mei 2016, secara langsung atau dikirim melalui pos. 

Pertanyaan mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui emailbeasiswa@dj.mofa.go.jp. 

"Pada tahun akademis 2016, sebanyak 35 orang mahasiswa Indonesia telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai research student dengan rekomendasi dari pihak Kedutaan," katanya. (ab)