Jepang Longgarkan Peringatan Perjalanan untuk Indonesia, Filipina, dan Wilayah Lainnya

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintah Jepang pada Rabu (24/8) melonggarkan peringatan perjalanan atas pandemi virus corona untuk 54 negara dan kawasan, termasuk Indonesia dan Filipina, dan tidak lagi meminta warga di Jepang menahan diri dari perjalanan yang tidak penting ke negara-negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri mengatakan telah menurunkan peringatan perjalanan untuk daerah-daerah tersebut dari Level 2 terendah kedua pada skala empat poin ke Level 1, yang menyarankan warga negara Jepang yang bepergian ke wilayah tersebut untuk "tetap waspada sepenuhnya."

Di antara yang baru ditetapkan sebagai Level 1 adalah 23 negara dan kawasan dari Timur Tengah dan Afrika, seperti Mesir dan Afrika Selatan, 11 negara Eropa termasuk Ukraina dan Rusia, 10 negara Asia dan Pasifik seperti Pakistan dan Myanmar, dan 10 di Amerika Latin, menurut kementerian.

Selain itu, peringatan untuk 41 negara lain diturunkan dari Level 3, yang memperingatkan orang untuk menghindari semua perjalanan, ke Level 2. Di antaranya adalah 33 di Timur Tengah dan Afrika, empat di Karibia, tiga di Eropa Timur, dan Kirgistan.

Kementerian mengatakan masih merekomendasikan mereka yang berencana bepergian ke luar negeri untuk mendapatkan vaksinasi lengkap untuk mencegah infeksi COVID-19. (kyodo/dd)