Jenderal Andika Perkasa jadi calon tunggal Panglima TNI, Istana Berharap DPR Segera Proses

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno berharap DPR segera memproses surat presiden (surpres) terkait panglima TNI. Seperti diketahui, hari ini pemerintah resmi mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal. "Hadi Tjahjanto telah memasuki akhir masa jabatan pada bulan November ini. Oleh karena itu, kami atas nama pemerintah sangat mengharapkan kepada Ibu Ketua DPR, Bapak pimpinan DPR, dan seluruh anggota DPR untuk bisa segera memproses," kata Pratikno, Rabu (3/11).

Pratikno mengatakan, sangat mengharapkan bisa memperoleh persetujuan dari DPR secepatnya. Sehingga, pemerintah bisa segera menerbitkan keputusan presiden. "Dan juga Presiden segera bisa melantik panglima TNI yang baru sebelum panglima TNI yang sekarang ini berakhir masa jabatannya," ujarnya.

Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan, DPR akan menindaklanjuti surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI tersebut melalui rapat pimpinan untuk kemudian dilakukan rapat paripurna. Sementara fit and proper test akan dilakukan Komisi I DPR RI. "Selanjutnya Komisi I akan melaporkan hasil pelaksanaan fit dan proper test di dalam rapat paripurna untuk dapat mendapatkan persetujuannya," ujarnya. (rep)