Jembatan Apung Pertama di Indonesia Bakal Dibangun Kementerian PUPR

By Admin


nusakini.com - Jembatan apung sepanjang 40 meter bakal dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rencananya, jembatan apung pertama di Indonesia ini nanti akan menyambungkan Desa Ujung Alang dan Desa Klaces yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, Kamis (5/5/2016). Menurut Arie, jembatan ini akan menggunakan teknologi apung pertama di Indonesia dan rencananya dipasang pada bulan ini.

“Pemilihan teknologi apung untuk jembatan ini karena setelah dilakukan pengamatan, lokasi ini tidak dimungkinkan untuk membangun jembatan dengan teknologi pancang,” ujar Arie. 

Arie menjelaskan, bila ingin dibangun dengan teknologi pancang maka pembangunan jembatan ini membutuhkan biaya besar. Hasil pengamatan mereka menemukan sedimen di lokasi jembatan yang akan dibangun dengan kedalaman sampai 20 meter. 

Kondisi demikian membuat tim memutuskan menggunakan teknologi apung untuk pembangunan jembatan. Selain biaya rendah, menariknya teknologi jembatan hasil Balitbang PUPR ini dapat dibongkar pasang sehingga bisa dipindah-pindah. 

Menanggapi rencana ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap menyambut gembira dan berharap segera terwujud sejingga kampung nelayan tersebut tidak tertinggal dari kampung lainnya.  

“Pembangunan jembatan apung ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Laut,” ujar Sekretaris Daerah Cilacap, Sutarjo.(mk)