Jemaah Haji Diimbau Tandai Pintu Masuk ke Masjidil Haram

By Admin

nusakini.com--Calon jemaah haji Indonesia akan mulai memasuki Makkah Al Mukarramah pada 18 Agustus mendatang. Rangkaian kegiatan mereka setibanya di Makkah adalah melaksanakan umrah wajib setelah mengambil miqat di Bir Ali. 

Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Daker Makkah Ali Nurokhim mengimbau jemaah haji Indonesia untuk melakukan orientasi sejenak setibanya di Masjidil Haram. Orientasi ini penting agar jemaah bisa lebih mengenali dan menandai tempat saat memasuki Masjidil Haram. 

"Kenali pintu masuk Masjidil Haram," terang Ali Nurokhim saat dimintai saran untuk jemaah agar aman dari sesat jalan ketika berada di Masjidil Haram, Jumat (12/08). 

"Kenali juga jalur ketika mau masuk ke tempat Sai (mas'a). Selesai tawaf dan Salat Sunnah di Maqam Ibrahim, jemaah bisa langsung balik kanan dan maju ke depan menuju tempat sai," tambahnya. 

Jika merasa bingung, Ali Nurokhim mengimbau jemaah untuk bertanya kepada petugas haji Indonesia, terutama tim sektor khusus yang ditempatkan di empat pos wilayah Masjidil Haram. "Ketika ketinggalan rombongan, tidak perlu panik dan bingung. Di setiap pos, ada petugas haji yang mengenakan seragam yang bisa dijadikan tempat untuk bertanya. Tidak usah ragu," tegasnya. 

Untuk alasan keamanan, Ali Nurokhim juga mengimbau jemaah haji agar tidak membawa barang (uang atau perhiasan) berlebihan saat akan beribadah di Masjidil Haram. Barang yang harus dibawa adalah gelang identitas, serta stiker bus dan stiker hotel. Adapun uang, menurut Ali, membawa secukupnya saja. 

Jemaah juga diminta mewaspadai tawaran dari orang lain yang tidak dikenal, apalagi bukan dari petugas haji. "Jangan bawa barang berharga terlalu banyak. Waspadai apabila di kamar mandi karena pintunya banyak dan berbeda-beda," jelasnya.(p/ab)