Jawa Tengah Pertahankan Gelar Juara Umum FLS2N

By Admin

nusakini.com-- Provinsi Jawa Tengah berhasil mempertahankan gelar juara umum pada pergelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 di Manado, Sulawesi Utara. Peserta dari provinsi ini mengalahkan Jawa Barat dan DKI Jakarta yang menjadi juara kedua dan ketiga. 

  "Saat pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah mengatakan bahwa piala juara umum ini dititipkan sementara, dan terbukti sekarang kami akan membawa lagi piala ini," tutur perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Tengah saat menerima piala bergilir yang diserahkan oleh Direktur Pendidikan Sekolah Dasar Wowon Wirdayat pada penutupan FLS2N di Hotel Sutan Raja, Manado, Jumat (2/9). 

  Tahun 2015 lalu, Jawa Tengah mengantongi 11 emas, tiga perak dan dua perunggu untuk jadi juara umum. Di tahun ini, peserta dari provinsi ini berhasil mendulang 24 medali masing-masing 13 emas, tujuh perak, dan empat perunggu. Sementara itu, juara kedua dan ketiga, Jawa Barat dan DKI Jakarta masing berhasil meraih 17 medali, 10 emas, lima perak, dan dua perunggu, dan 14 medali, sembilan emas, dua perak, dan tiga perunggu. 

  Pengumuman juara umum dilakukan secara unik. Seorang pelukis dengan media pasir menggambar Jawa Tengah lewat lukisannya. Sebelum melukis sang juara, pelukis pasir terlebih dahulu menggambarkan kegiatan-kegiatan FLS2N, juga Manado sebagai tuan rumah. Begitu pula saat melukis pemenang, pelukis pasir terlebih dulu melukis provinsi DKI Jakarta yang disimbolkan dengan Monas dan Manado yang digambarkan dengan alat senorkeling. Selama melukis, lagu-lagu daerah seperti Cikcik Periuk dan Yamko Rambe Yamko bergema di lokasi pengumuman. 

  Momentum ketika Jawa Tengah dilukis sebagai pemenang dengan ikon Candi Borobudur, sontak peserta Jawa Tengah berteriak dan bertepuk tangan riuh. Setelah diumumkan, piala bergilir kembali diberikan kepada perwakilan Jawa Tengah oleh Direktur Pembinaan SD Wowon Wirdayat. 

  Prosesi pengumuman juga dimeriahkan oleh penampilan Petra Sihombing yang membawakan lagu nasional Tanah Airku, Jemu (dipopulerkan oleh Koes Plus), dan lagu-lagu andalanya. Salah satu lagu yang turut dinyanyikan para peserta dengan kompak adalah You'll be Mine. Hadir pula Vierra Tale yang membawakan lagu-lagu andalaanya di hadapan para peserta sebelum meninggalkan lokasi penutupan FLS2N 2016. (p/ab)