Jateng Raih Tiga Medali Sepeda Onthel Fornas 2022

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang-Kontingen Jawa Tengah berhasil meraih medali emas dan perak, kategori balap cepat sepeda onthel putra, pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022, di Gelora Sriwijaya, kompleks GOR Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (2/7/2022). Medali emas diraih Ahmad Hendi Failani, dan medali perak Deni Hidayat.

Wajah semringah tampak dari keduanya saat mendekati garis finish. Tidak tanggung tanggung, sesaat sebelum sampai garis finish, Hendi juga menunjukkan aksi lepas setang, karena kedua tangannya membawa bendera komunitasnya.Sorak sorai pun menggema, begitu keduanya menyelesaikan pertandingan.

Hendi mengaku tak membayangkan akan menang. Sebab, dia tak memiliki waktu banyak untuk latihan. Apalagi, dengan kesibukannya sebagai perajin mebel.

“Mletre, mletre tenan. Kurang latihan, latihanne rak ono blas, dadakan persiapannya. Di-calling ayo mangkat, lomba nyepeda, ya wis usahakno nomor siji, alhamdulillah Juara I,” ungkap pesepeda asal Jepara ini, seusai memenangkan pertandingan.

Diakui, saat start Hendi belum menunjukkan kekuatan penuh dan berada di urutan belakang. Hal itu merupakan strategi untuk mengukur kemampuan lawan. Begitu ada kesempatan menyalip, dia pun mancal pol.

“Tapi memang anginnya itu bikin ngganggu. Waktu penyisihan anginnya belum terasa, tapi makin sore makin kencang,” beber Hendi.

Hal senada juga diungkapkan rivalnya sekaligus rekan dari Onthel Jepara (Onje), Deni Hidayat.

“Senenglah bisa juara. (Juara) Satu dua untuk Jateng, sing penting untuk Jateng,” katanya.

Tidak hanya pada kategori balap cepat, sepeda onthel Jateng menambah pundi medali dengan raihan medali perak kategori Penny Farthing, oleh Triko Prasojo asal Kendal. Dia harus menyerah dengan pesepeda asal Jatim.

“Tapi, alhamdulillah Juara II. Karena kemungkinan ini sepeda, sana built up, sini Indonesia. Semoga ke depannya semakin bagus, Jateng makin baik. Ke depan juara lagi,” terang Triko.

Ketua Komunitas Sepeda Onthel Indonesia (Kosti) Jawa Tengah Bob Riza, senang timnya meraih tiga medali. Terlebih, di tengah keterbatasan anggaran yang mereka miliki, semangat untuk berprestasi tetap tinggi.

Ketua Umum Kosti Pusat Purnomo Sugeng Raharjo, mengapresiasi raihan medali Jateng. Apalagi, provinsi ini baru kali pertama ikut Fornas pada cabang sepeda onthel.

Diakui, perkembangan cabang sepeda onthel pada ajang Fornas semakin membaik. Bahkan saat ini sudah 13 provinsi yang mengikuti event nasional tersebut.

“Fornas di Palembang ini yang paling ramai, karena pesertanya semakin banyak. Semoga ke depan semakin banyak lagi yang ikut. Dari muda sampai tua, semua bisa bergabung, asal punya sepeda onthel,” tandasnya. (rls)