Jakarta Smart City Menangkan Award WSIS XL Axiata Dukung Lewat Solusi IoT Pemantauan Banjir

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Jakarta--Dalam keberhasilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memenangkan penghargaan bergengsi di ajang World Summit on the Information Society (WSIS) 2022, ada andil dukungan dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Dalam ajang yang berlangsung di Swiss, akhir Mei 2022 tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memenangkan kategori “ICT Application : e-Science” atas penerapan solusi IoT dalam sistem pemantauan banjir. Solusi berbasis IoT tersebut dibangun dengan kolaborasi bersama XL Axiata Business Solutions. Ajang WSIS Prizes 2022 diselenggarakan oleh The International Telecommunication Union. Tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan kehormatan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi ini.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan,”Selamat kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan juga Bapak Gubernur Anies Baswedan yang berhasil meraih penghargaan dalam ajang internasional yang sangat bergengsi ini. Sebuah kebanggan besar bagi kami bisa menjadi bagian untuk men-support Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam inovasi penarapan sistem pemantauan banjir. Keberhasilan yang diraih ini, sekaligus menjadi sebuah pembuktian bagi kami, bahwa solusi IoT yang kami kembangkan memang mendapatkan pengakuan secara internasional dan terbukti penerapannya dalam membantu mengatasi masalah banjir di Jakarta. Penghargaan ini juga sekaligus menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menghadirkan solusi-solusi IoT yang akan berguna bagi negara kita.”

Feby menjelaskan, solusi IoT monitoring atau pemantauan banjir yang dimaksud merupakan sebuah sensor radar yang akan memantau banjir, mengukur ketinggian air, kecepatan arus serta kondisi pompa air. Informasi dari sensor tersebut akan dikirim dan direkam dalam data logger untuk diintegrasikan sebelum diproses dan dianalisis sesuai parameter yang ditentukan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dalam penanganan bencana banjir. Closed Circuit Television (CCTV) juga digunakan untuk memantau kondisi di pintu air secara visual.

Feby menambahkan, saat ini XL Axiata Business Solutions masih terus melakukan pengembangan terhadap solusi pemantauan banjir. Proses implementasinya sendiri dibagi menjadi beberapa tahap. Saat ini tahap implementasi IoT yaitu connected devices sudah di lakukan sejak tahun 2021.

XL Axiata Business Solutions juga telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing untuk berbagai projek agrikultur, smart city/building, dan smart transportation. Kedepannya, XL Axiata Business Solutions akan terus mengembangkan solusi IoT untuk menjadikan kota-kota di Indonesia lebih terdigitalisasi sehingga dapat memudahkan kehidupan warga.(rilis)