Jakarta Bakal Tambah 5 Rumah Susun

By Admin


nusakini.com - Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Christ Robert di Jakarta, Selasa (3/5/2016) mengatakan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membangun lima rumah susun (rusun) strategis di empat lokasi di Jakarta. Pembangunan lima rusun tingkat tinggi tersebut sebagai upaya untuk pemenuhan pembangunan sejuta rumah.

Menurut Christ, untuk pembangunan lima rusun strategis tersebut, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran senilai Rp 5,786 triliun untuk kontrak tahun jamak selama tiga tahun mulai dari 2016 hingga 2018. 

Christ menerangkan, lima rusun tersebut antara lain: 

1) Rusun Pasar Rumput yang terdiri dari dua tower. 

2) Rusun Pasar Minggu yang terdiri dari tiga tower. 

3) Rusun Pondok Kelapa sebanyak dua tower 

4) Rusun Kemayoran di Blok C2 sebanyak tiga tower 

5) Rusun Kemayoran di Blok D10 sebanyak tujuh tower. 

“Total yang akan dibangun sebanyak 17 tower dengan ketinggian mulai dari 12 hingga 32 lantai. Jumlah total unit dari lima rusun tersebut sekitar 11.196 unit,” ujarnya. 

Lanjut Christ, khusus untuk Rusun Kemayoran akan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sementara Rusun Pasar Minggu dan Rusun Pasar Rumput untuk warga yang terkena relokasi penataan Sungai Ciliwung serta peremajaan pasar dan Rusun Pondok Kelapa untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

“Untuk Rusun Pasar Minggu dan Pasar Rumput kami sudah melakukan MoU dengan Pemda DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya juga tengah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Rencananya ground breakingakan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang,” tutup Christ.(if/mk)