Jadi Fasilitator Nasional Kementerian PPPA, Mirdan Midding Road Show Di Jateng

By Abdi Satria


nusakini.com-Brebes-Kepala sekolah SMAN 20 Makassar, Mirdan Midding, menjadi fasilitator nasional yang ditugaskan oleh KKementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan road show ke tiga kota di Jawa Tengah yakni Brebes, Solo dan Boyolali.

"Di tiga daerah, saya dan rekan fasilitator lainnya memberikan penjelahan terkait tiga kajian yang kami lakukan selama ini," kata Mirdan Midding kepada nusakini.com, Minggu (19/12/2021).

Menurut Mirdan Midding tiga kajian itu, pertama adalah adanya potensi terjadinya intoleransi dan radikalisme pada anak didik mulai dari tingkat SD sampai SMA/SMK. Dari survei dilakukan hasilnya diatas 10 persen dari mereka bisa melakukan hal-hal inkonstitusional serta mengarah menjadi keinginan mengganti ideologi negara.

Kedua, masih banyak sekolah yang tidak menyediakan fasilitas dan sarana buat peserta didik yang berbutuhan khusus. Ketiga, adalah mengantisipasi dampak psikososial dari anak didik yang sebentar lagi meninggalkan pembelajaran daring ke luring (tatap muka langsung).

Mirdan Midding menambahkan tujuan road show ini agar pada masa mendatang, pptensi negatif tidak menjadi bahaya laten yang bisa menganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Mari kita mendukung langkah Kemen PPPA yang gencar melakukan sosialiasasi untuk mencegah sejak dini berbagai potensi yang mengancam kehidupan bernegara," pungkas Mirdan Midding. (rls)