Italia Juara Euro 2020

By Nad

nusakini.com - Internasional - Italia memenangkan kejuaraan liga Eropa untuk pertama kalinya sejak tahun 1968 saat kiper Gianluigi Donnarumma berhasil menepis dua tendangan penalti yang membuat kedudukan menjadi 3-2.

Italia dan Inggris sebelumnya berkedudukan 1-1 hingga extra time dan akhirnya harus beradu penalti pada hari Senin (12/7) dini hari di Stadiun Wembley, Inggris.

Donnarumma yang kerap disebut kiper "giant" (raksasa) ini menepis tendangan dari Jadon Sancho dan Bukayo Saka setelah tendangan Marcus Rashford meleset dan mengenai tiang gawang. Federico Bernardeschi, Leonardo Bonucci, dan Domenico Berardi berhasil mencetak gol untuk Italia dalam adu penalti ini.

Sebelumnya, Inggris berhasil unggul terlebih dahulu ketika Luke Shaw memberikan harapan tinggi dan mencetak skor pada menit ke 2 babak pertama. Italia tidak mampu membalas pada babak pertama, namun ketika babak kedua dimulai, mereka perlahan meningkatkan level pertandingan dan berhasil membobol gawang Inggris. Bonucci memasukkan bola pada menit ke 67.

Ini adalah pertandingan final pertama yang ditentukan melalui adu penalti sejak Cekoslowakia berhasil menang dari Jerman Barat pada tahun 1976.