Iran Masukkan Sejumlah Pejabat AS ke Daftar Hitam karena Dukung Organisasi 'Teroris'

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintah Iran telah memasukkan daftar hitam pejabat Amerika Serikat atas dukungan mereka terhadap kelompok yang dianggap Teheran sebagai organisasi "teroris".

Kementerian luar negeri Iran pada hari Sabtu (16/7) menerbitkan daftar 61 pejabat saat ini dan mantan pejabat Amerika yang dikatakan telah memberikan "dukungan yang disengaja" kepada Mojahedin-e Khalq (MEK), sebuah kelompok yang secara terbuka menyerukan untuk menggulingkan pemerintahan Iran saat ini.

Beberapa individu, termasuk mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, sebelumnya masuk daftar hitam oleh pemerintah Iran karena alasan lain.

Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy, Senator Ted Cruz dan Cory Booker, dan mantan Penasihat Keamanan Nasional Lincoln Bloomfield termasuk di antara orang-orang yang terkena sanksi.

Orang-orang tersebut memberikan dukungan kepada kelompok tersebut dengan berpartisipasi dalam acara-acaranya dan “menawarkan dukungan politik dan propaganda”, kata kementerian luar negeri Iran.

Pemerintahan Iran percaya MEK telah membunuh lebih dari 17.000 orang Iran selama beberapa dekade, banyak dari mereka wanita dan anak-anak.

MEK termasuk di antara kelompok-kelompok yang mendukung Revolusi Islam Iran tahun 1979 yang menggulingkan pemerintahan dinasti, tetapi kemudian menjadi salah satu penentang utama pendirian ulama dan menggunakan kekerasan untuk menggagalkannya.

Kelompok tersebut telah mengklaim bertanggung jawab atas banyak pembunuhan dan pemboman di tahun-tahun awal setelah revolusi. Mereka juga membantu Saddam Hussein dalam invasi delapan tahun ke Iran pada 1980-an, dan mengangkat senjata selama perang.

MEK juga terdaftar sebagai organisasi "teroris" oleh AS dan Uni Eropa, tetapi dihapus dari daftar lebih dari 10 tahun yang lalu setelah berjanji untuk meninggalkan operasi kekerasan.

Sejak itu, para pejabat AS, terutama Partai Republik secara terbuka mendukung perubahan pemerintahan di Iran, secara teratur menghadiri rapat umum MEK dan menyatakan dukungan mereka.

Kelompok itu juga telah mengadakan rapat umum dan berbasis di beberapa negara Eropa termasuk Prancis, Swedia dan Albania, menyebabkan pejabat Iran menuduh negara-negara itu menyembunyikan "teroris".

Iran pertama kali mulai menjatuhkan sanksi terhadap pejabat AS pada tahun 2021. Antara lain, Iran memasukkan mantan Presiden Donald Trump dan Pompeo ke daftar hitam karena peran mereka dalam memerintahkan dan melakukan pembunuhan jenderal utamanya, Qassem Soleimani.

Kemudian memperluas daftar itu pada bulan Januari, diikuti oleh lebih banyak sanksi pada bulan April atas tuduhan mendukung “terorisme” dan pelanggaran hak asasi manusia rakyat Iran melalui sanksi sepihak.

Sanksi dianggap sebagian besar simbolis karena individu tidak diyakini memiliki aset atau kepentingan di Iran dan tidak melakukan perjalanan ke negara itu.

Ketika upaya untuk memulihkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia terhenti, AS juga terus menjatuhkan sanksi untuk semakin membebani ekonomi Iran.

AS secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir di bawah Trump pada 2018 dan memberlakukan sanksi keras dan komprehensif yang terus ditegakkan oleh Presiden Joe Biden. (aljazeera/dd)