Iqbal Pantau Titik Titik Lokasi Rawan Banjir Di Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Penjabat Walikota Makassar Dr M .Iqbal Suhaeb meninjau secara langsung titik titik atau lokasi yang acap kali rawan digenangi air serta banjir disetiap musim penghujan di wilayah kota Makassar. Kamis kemarin (2/1).

Lokasi pertama dikunjungi Iqbal adalah drainase depan kantor Propinsi Gubernur Sulawesi Selatan. Disini Iqbal memantau secara langsung drainase pembuangan air yang telah dipasangi menggunakan sistem pompa.

Iqbal Suhaeb yang turun meninjau didampingi asisten satu Pemkot Makasar M. Sabri beserta kepala bidang drainase dan pengelolaan Sumeber Daya Air PU kota Makassar Fuad Azis.

Iqbal mengatakan untuk menghindari potensi potensi banjir salah satunya adalah dengan membuat air mengalir, Jangan sampai ada air tidak mengalir seperti drainase yang berada tepat didepan kantor gubernur. 

"Jadi kami memastikan pompa yang digunakan dengan menggunakan Aqua Pump bantuan dari JICA kita cek semua dapat berfungsi dengan baik, walau saat ini potensi curah hujan belum cukup tinggi, begitupun dengan petugasnya mereka harus stand by selama 24 jam," ucap Iqbal.

Iqbal juga telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran SKPD siaga selama 24 jam mengantisipasi terjadinya banjir. 

"Saya sudah menginstruksikan kepada seluruh SKPD terutama penanggung jawabnya untuk selalu stand by 24 jam mengantisipasi jika ada banjir," jelasnya. 

Menurut Iqbal untuk mengantipasi drainase tersumbat pemerintah Kota telah menyiapkan satuan tugas drainase yang terdiri dari hampir 500 orang untuk dipersiapkan menangani banjir diseluruh wilayah dalam kota Makassar.

"Jadi kami telah menyiapkan satgas yang jumlahnya hampir 500 orang untuk menangani banjir di 30 titik rawan banjir dalam wilayah kota Makassar," terangnya.

Selain meninjau drainase depan kantor gubernur Iqbal meninjau daerah rawan banjir lainnya seperti di kecamatan Manggala dan daerah Panakukang Samping Goro..(p/ab)