IOSKI Sulsel Tampilkan Senam Paccobana Lino Di FORNAS VI Palembang

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Tim Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Sulawesi Selatan siap bersaing di Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI di Palembang, 2-7 Juli mendatang.

Kepada nusakini.com, Selasa (17/2/2022), pelatih dan penata gerak, Nio Haksani menjelaskan, untuk kategori kreasi daerah, timnya akan menampilan senam Paccobana Lino yang berasal dari tarian Pepe pekeka ri Makka.

Senam kreasi daerah memang wajib memasukkan unsur tari dan permainan tradisional suatu daerah atau kebiasaab masyakarat yang sudah menjadi tradisi. Nio menambahkan, senam ini juga terinspirasi oleh kisah Nabi Ibrahim yang tak hangus meski dibakar saat mempertahankan keyakinannya yakni Islam.

"Materi senam ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Sebelum memulai gerakannya, kami akan lebih dulu melakukan Angngaru (ikrar setia)" terang Nio yang didampingi Wahyudi mempersiapkan timnya.

Selain senam kreasi, tim IOSKI Sulsel yang diketuai oleh Andi Sangkawana juga berpartisipasi di kategori senam kebugaran Indonesia. "Kami optimis bisa meraih prestasi maksimal karena Sulsel adalah langganan juara senam kreasi dan kebugaran," pungkas Nio.(ab)