Investor ORI Tumbuh 74 Persen dalam Satu Dasawarsa

By Admin

nusakini.com--Tingkat pertumbuhan investor Obligasi Negara Ritel (ORI) terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Secara rata-rata, tingkat pertambahan investor baru ORI di pasar perdana tumbuh stabil di kisaran 74 persen dalam satu dekade terakhir. 

“Tingkat pertambahan investor baru ORI di pasar perdana secara rata-rata tumbuh relatif stabil sebesar 74 persen dari total investor, atau sekitar 17.846 orang setiap seri,” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiyaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan saat acara peringatan Satu Dasawarsa ORI sekaligus Peluncuran ORI seri ORI013 di Jakarta, pekan lalu. 

Sebagai informasi, saat pertama kali diterbitkan tahun 2006, jumlah investor ORI tercatat sebanyak 16.561 orang. Jumlah tersebut terus bertambah, hingga pada penerbitan ORI012 pada tahun 2015, investor ORI tercatat sebanyak 214.151 orang. 

Ia menambahkan, hal tersebut mengindikasikan bahwa hampir 20 persen dari total investor dalam setiap penerbitan ORI di pasar perdana merupakan investor baru yang belum pernah membeli ORI seri sebelumnya. “Dengan demikian, tingkat pertumbuhan investor ORI dapat dikatakan sangat baik,” katanya. 

Perkembangan tersebut, lanjutnya, diharapkan mampu mendukung perkembangan keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.(p/ab)