Inilah 3 Strategi Utama Penanggulangan Kemiskinan 2015 - 2019

By Admin


nusakini.com - Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Kemenko PMK) di Jakarta, Selasa (24/5/2016), mengadakan rapat strategi penanggulangan kemiskinan. 

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) urusan Penanggulangan Kemiskinan, Kemenko PMK, dan dihadiri Suarmansyah anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten. 

Adapun tujuan dari rapat tersebut adalah menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan kementerian/ lembaga yang terkait isu dibidang penaggulangan kemiskinan. Selain itu juga untuk mewujudkan visi misi pembangunan 2015-2019, yaitu terwujudnya indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian yang berlandaskan gotong royong. 

“Dalam program penganggulangan kemiskinan berisikan tentang kebijakan, program serta kegiatan yang jelas, tujuan dan sasaran yang tepat dan pemenuhan kebutuhan dasar yang layak.” Tutur Suarmansyah. 

Menurut Suarmansyah, dalam RPJMN 2015-2019 dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan pemerintah selama 5 tahun mengacu kepada 3 strategi utama penanggulangan kemiskinan, yakni: 

1. Mewujudkan sistem perlindungan sosial yang menyeluruh dan terintegrasi. 

2. Memperluas dan meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat miskin. 

3. Mengembangkan penghidupan masyarakat yang lebih berkelanjutan.(if/mk)