Ini Tujuan Kunjungan Jokowi Ke Eropa

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Dalam forum bisnis, Jumat (15/04/2016) kemarin, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, menyampaikan bahwa menteri yang mengisi panel diskusi akan paparkan update kebijakan-kebijakan terkait dengan renewable energy, maritim, dan beberapa sektor penting yang lain. 

“Kunjungan ini menjadi sangat penting mengingat bahwa, kalau dilihat dalam peta outward investmentdunia, Jerman menduduki peringkat nomor 3 selama 6 tahun terakhir. Artinya Jerman merupakan negara yang aktif melakukan investasi keluar Jerman dengan nilai hampir 303 billion USD dalam kurun waktu 5 atau 6 tahun. Sementara posisi Indonesia masih belum masuk dalam 20 besar,” tambah Franky. 

Lebih lanjut, Franky menjelaskan untuk kunjungan ke Inggris karena merupakan negara keempat yangoutward investment-nya besar dalam dalam 6 tahun terakhir. “Belanda merupakan negara ranking 17 yang aktif melakukan outward investment dengan nilai mendekati hampir mendekati 100 billion US dolar,” jelas Franky. 

Kepala BKPM juga menjelaskan bahwa ketiga negara ini ditambah Belgia menjadi penting untuk memberikan gambaran kepada para investor dari 4 negara ini bahwa Indonesia banyak melakukan perubahan. “Untuk Belgia, merupakan tindak lanjut dari kunjungan Putri Astrid yang lalu, bertemu lebih kurang sekitar 20 pengusaha yang menunjukkan minatnya untuk investasi di Indonesia,” pungkas Franky seraya menyebutkan beberapa proposal nanti akan dibahas pada pertemuan di Brussel.(ip/mk)